[Review Buku] : Ayat-Ayat Cinta – Habiburrahman El Shirazy

Sumber Foto : Koleksi Pribadi Siti Faridah

1. Identitas Buku

Judul : Ayat-Ayat Cinta

Penulis : Habiburrahman El Shirazy

Penerbit : Republika & Pesantren Basmala Indonesia

ISBN : 979-3604-02-6

Tahun Terbit : Cetakan I, Desember 2004

Jumlah Halaman : 419 hal
2. Kalimat Favorit

Dalam segala musim, Tuhan selalu Penyayang. Itu yang aku rasakan. – hal 71
Benarlah kata orang Inggris, love and a cough cannot be hidden. Cinta dan batuk tidak dapat disembunyikan! – hal 110
Orang Inggris bilang, Love is a sweet torment. Cinta adalah siksaan yang mengasikkan. – hal 229
Love is never without jealously. Cinta selalu disertai rasa cemburu. Tanpa rasa cemburu cinta itu tiada. – hal 264
Sebaik-baik istri adalah jika kamu memandangnya membuat hatimu senang,jika kamu perintah dia mentaatimu,dan jika kamu tinggal maka dia akan menjaga untukmu harta dan dirinya. Hadis riwayat Ibnu Jarir – hal 265
3. Tentang Penulis

Habiburrahman El Shirazy atau kang Abik,lahir di Semarang pada 30 September 1976. Lulusan dari MTs Futuhiyyah 1 Mranggen,Lulusan dari Madrasah Aliyah Program Khusus(MAPK) Surakarta pada tahun 1995. Kemudian melanjutkan pendidikannya di Fak. Ushuluddin,jurusan Hadis,Universitas Al Azhar,Cairo dan selesai pada tahun 1999. Juga telah merampungkan Postgradute Diploma (Pg.D) S2 di The Institut for Islamic Studies in Cairo. Profil diri dan karyanya pernah menghiasi beberapa koran lokal maupun nasional seperti Solo Pos,Republika dan Annida.
4. Sinopsis

Menceritakan Fahri yang hidup di Cairo bersama dengan teman-temannya di dalam satu flat. Fahri adalah Indonesia yang menempuh pendidikan di Cairo. Fahri mempunyai tetangga yang bernama Tuan Boutros & Madame Nahed. Dan kedua anak Tuan Boutros dan Madame Nahed yaitu Maria & Yousef. Maria adalah gadis yang aneh. Dia hafal Surat Maryam walaupun dia tidak beragama Islam.
Suatu ketika Fahri bertemu dengan perempuan bercadar di dalam metro. Perempuan bercadar tersebut menolong seseorang yang tidak berpakaian sopan dan bukan orang Islam dengan memberikan tempat duduknya tersebut. Tapi Aisha dimarahi oleh orang-orang yang berpakaian tidak sopan tersebut. Fahri marah akan hal tersebut. Karena Islam mengajarkan kita untuk selalu saling menghormati walaupun berbeda agama. 
Suatu ketika ada gadis yang bernama Noura dan dia sedang menangis karena disiksa oleh ayah dan kedua kakak perempuannya.  Ayah Noura bernama Bahadur. Fahri tidak tega melihat ada seorang gadis yang menangis hingga akhirnya Fahri menyuruh Maria turun dari flat untuk menolong Noura. Hingga akhirnya malam itu Noura berada di kamar Maria hingga pagi. Kemudian esok harinya Noura dibawa ke rumah salah satu mahasiswi Indonesia yang bernama Nurul.
Kota Cairo memasuki musim panas,walaupun sedang musim panas Fahri tetap melakukan kegiatan sehari-hari seperti sholat berjama’ah,mengaji dan menerjemah. Tapi tiba-tiba saja Fahri mendadak sakit dan harus dibawa ke rumah sakit. Fahri terkena Heat Stroke dan tak sadarkan diri dalam beberapa hari. Tapi dengan pertolongan Allah SWT. Akhirnya Fahri sembuh seperti sediakala.
Suatu ketika Syaikh yang mengajari Fahri mengaji bertanya kepada Fahri apakah sudah ada rencana untuk menikah. Hingga akhirnya Fahri & Aisha dijodohkan dan menikah. 
Fahri & Aisha hidup berbahagia dan Aisha dikaruniai anugerah yang sangat luar biasa yaitu mengandung buah cintanya bersama Fahri.
Tapi tiba-tiba saja Fahri ditangkap polisi dengan tuduhan pemerkosaan terhadap Noura. Fahri adalah lelaki yang soleh dan takwa tak mungkin melakukan perbuatan keji itu.
Di penjara bawah tanah Fahri disiksa dan disiksa. Sidang demi sidang pun dilaksanakan. Tapi tetap saja Fahri masih dinyatakan bersalah.
Di saat Fahri di penjara,Maria sakit dan koma. Dokter mengatakan kalau Maria akan sembuh apabila dia diajak bicara dan disentuh oleh Fahri. Sebenarnya Fahri tidak mau karena Maria bukan istrinya. Akhirnya Aisha menyetujui kalau Fahri & Maria menikah. Karena Maria adalah saksi kunci keberadaan Noura saat malam itu dan itu adalah peluang agar Fahri keluar dari penjara. 
Maria & Fahri menikah di dalam rumah sakit. Aisha melepaskan cincin yang ada di tangannya lalu diberikan kepada Fahri untuk digunakan sebagai mahar. Akhirnya Maria bisa membuka mata dan berbicara.
Tiba hari itu adalah hari persidangan dan Maria memberikan kesaksiannya. Tapi setelah memberikan kesaksian,Maria malah tak sadarkan diri dan dibawa ke rumah sakit. Fahri dinyatakan bebas dan Fahri juga harus dirawat di rumah sakit agar kesehatannya pulih kembali karena siksaan-siksaan saat di penjara bawah tanah. Aisha dengan setia menunggui Fahri & Maria. Aisha menganggap Maria seperti adiknya sendiri.
Di suatu malam Maria terus mengigau membaca Surat Maryam kemudian dia menangis. Fahri dan Aisha segera mendekati Maria dan kemudian Maria membuka mata dan bercerita kalau Maria melihat surga dan ingin masuk tapi tidak bisa,kemudian Maria meminta kepada Fahri & Aisha untuk mentayamumi Maria. Setelah tayamum,Maria membaca syahadat. Dan kemudian Maria tak sadarkan diri dan meninggal dunia.
5. Komentar

Saya sangat menyukai novel Ayat-Ayat Cinta. Ini adalah novel karya mas Habiburrahman El Shirazy yang pertama kali saya baca. Semoga ke depannya saya bisa membaca novel karya mas Habiburrahman El Shirazy yang lainnya. Novel yang perlu dibaca untuk perempuan dan laki-laki supaya tahu bagaimana kehidupan menempuh pendidikan di negeri orang. Ceritanya bagus dan menarik. Konfliknya pun tak berlebihan. Dari segi bahasa,kata-kata mudah dipahami atau dimengerti. Novel ini tak hanya sekedar novel tentang cinta saja tapi juga tentang dakwah Islam. Ada banyak sekali ilmu yang saya dapat setelah membaca novel ini. Ada banyak makna dan peristiwa yang bisa dicontoh di dalam novel ini.

Iklan

Penulis:

A girl named Farida who wants to be Book Blogger

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s